Thursday 24 November 2016

Female singer (previously), recently.

I do love music.... really really love this stuff. Mungkin ini sudah menjadi bawaan dari lahir. Dulu, orangtua saya pernah bercerita, kalau dari kecil saya memang paling senang kalau sudah mendengar alunan musik. Pernah sekali waktu, tetangga kami memutar sebuah lagu dari tape, dan saya yang pada waktu itu masih berumur 3 tahun langsung lari keluar rumah ke tempat tetangga dan menari-nari disana. Kalau musiknya dihentikan, saya pasti langsung menangis kencang hehehehe.... Kejadian ini menjadi semacam joke oleh keluarga untuk saya sampai sekarang.
Pada dasarnya saya mendengarkan hampir semua jenis musik, tapi jenis musik apa yang menjadi favorit saya? Jujur saya tidak bisa mengurutkan porsi warna musik mana yang paling saya sukai. Saat saya sedang butuh waktu relax, musik instrumental, indie atau folks akan menjadi pilihan saya. Pada saat saya sedang di puncak energi, musik rock, R&B atau pop yang akan ada list winamp laptop saya. Semuanya tergantung mood saja. Kecuali mungkin untuk jenis musik heavy metal... sorry but I don't get it, there is no tone and what the singer do just screaming again and again....

Setiap pagi, saat saya sedang bersiap-siap pergi kekantor dan di perjalanan, radio menjadi sumber musik yang saya dengar. Dari radio saya akan tau lagu-lagu terbaru, penyanyi yang sedang in dan informasi perkembanngan musik didalam maupun diluar negeri.
Pada postingan kali ini saya ingin sharing khusus mengenai female singer, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Mengapa female singer? Well, to be honest the reason is so clise...
Jadi begini ceritanya, sudah seringkali saat saya mendengarkan radio, ada penyanyi wanita yang menyayikan lagu dengan lirik yang menurut saya bagus sekali. Sampai pada akhirnya itu semua terasa mengecewakan ketika saya melihat video klipnya di youtube. Terus terang saya tidak bisa menutupi rasa kecewa. Kebanyakan penyanyi-penyanyi wanita itu lebih fokus untuk mengekspos tubuh mereka. Semuanya dipertontonkan, semuanya.... Sebagai wanita timur tentu saja saya merasa kurang nyaman dengan pertunjukan seperti itu. Sangat disayangkan sebenarnya, padahal lagunya saja sudah bagus lho... Karena alasan itu. rasa ingin tahu mengenai video klip para female singer sering saya skip. Kalau mau searching saya lebih memilih mengetik dengan tambahan lirik dibelakangnya. Misal, saat ini saya sedang senang-senangnya mendengarkan lagunya Rachel Platten yang berjudul Stand By You, saya kemudian mengetik di search engine Youtube "Stand by you rachel platten lyrics'. That's it.... itu sudah cara yang paling aman daripada saya jadi hilang feeling ke penyanyinya. (Alasan ini khusus ke penyanyi luar negeri). Well, bagaimanapun tidak adil rasanya kalau saya tidak sedikit membahas penyanyi dari negeri sendiri, so... yuk kita bahas satu per satu...

Female singer from Indonesia.

1. Reza Artamevia



My number one list is Reza Artamevia. For me she is the best female singer from Indonesia, until now. Warna suaranya sangat seksi dan dalam. Lagu-lagunya begitu sensual dan mendayu. Tadinya saya kira dia akan sangat lama bertahan di industri musik Indonesia, ternyata saya salah. Ketidakmampuannya untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi, spiritual dan karir musik membuat karir bernyanyinya habis sudah.... what a shamed.
Lagunya yang berjudul 'Aku Wanita' is my most choise...

2. Anggun C. Sasmi



Anggun C Sasmi is another incredible Indonesia singer. Hampir semua lagunya termasuk kategori easy listening, warna suarannya sangat powerful, energik dan ngerock. Single international pertamanya 'Snow On The Sahara' so awesome. Liriknya keren....  tidak lupa single lawasnya yang sendu berjudul 'Mimpi' merupakan favorit banyak kalangan pendengar musik. Secara teknis, Anggun bisa mengontrol power suaranya agar dia tidak perlu berteriak-teriak (I hate singer when they're screaming instead of singing). Jika dilihat dari aspek prestasi, Anggun adalah satu-satunya penyanyi wanita Indonesia yang sekaliber dengan penyanyi wanita dunia. Kualitas suaranya setara dengan penyanyi international maupun penyanyi kompetisi. Satu hal lain yang saya kagumi dari Anggun adalah how still low profile she is... Gaya berbicaranya masih sama, rendah hati dan banyak tertawa. Anggun bisa bergaya modis tanpa kelihatan norak, dan aktif pula sebagai duta PBB untuk masalah kemanusiaan, sesuatu yang jarang dilakukan oleh penyanyi komersil lainnya. Anggun masih tetap kelihatan fresh tanpa make up yang terlalu tebal, badannya kelihatan fit tanpa harus menonjolkan otot karna terlalu sering ke gym atau sebaliknya jadi keliatan sangat kurus. To be honest, Anggun adalah kriteria proporsi badan wanita yang menurut saya  paling ideal dan sehat.

3. Ruth Sahanaya


Selanjutnya ada Ruth Sahanaya, penyanyi kompetisi dan sekaligus penyayi komersial favorit saya (selain Krisdayanti).  Her voice is so amazing. Lagu-lagu yang dia nyayikan sendiri ataupun yang berduet sangat populer di jamannya. Salah satu lagu duetnya dengan Katon Bagaskara yang berjudul 'Usah Kau Lara Sendiri' benar-benar sesuatu.. (I'm sooo happy they decided to duet since Katon is my favourite too)


3. Titi DJ


Now let's move to Titi DJ. Siapa yang tidak tau lagu-lagunya yang amat populer di akhir tahun 90an seperti 'Bahasa kalbu' atau 'Sang dewi'. Lagu bahasa kalbu merupakan soundtrack sinetron Cinta yang dibintangi oleh Desy Ratnasari. Sinetron ini diangkat dari novel karangan Mira W dengan judul 'Seandainya Aku Boleh Memilih' dan ratingnya tinggi sekali pada waktu itu.


Sekian dulu untuk penyanyi wanita domestik :) sekarang mari kita bahas urutan female singer dari luar negeri (saya sudah mempertimbangkan faktor "keseksian" dari video klip masing-masing, dan ini faktor yang berada di point tengah-tengah ya... karna bagaimanapun faktor lirik jadi prioritas utama saya)

1. Sia



Saya tau tentang Sia pertama sekali karna lagunya yang berjudul Chandelier. Ada sedikit cerita lucu mengenai lagu ini. Waktu itu weekend di tahun 2014, saya sedang menyetir dengan salah seorang sahabat lama menuju sebuah tempat makan di Jakarta Utara. Cuaca sedang hujan deras dan saya menyetir pelan-pelan di jalan tol sambil menyalakan radio yang memutar lagu Chandelier. Mungkin karna faktor cuaca dan suasana, saya dan sahabat saya hanya diam saja di mobil sambil mendengarkan lagu ini... sampai saat bagian refrein pertama usai, kami berdua sama-sama menjerit, tertawa dan memaki

Saya               : Siaaaaaaaaaaaaaalllllllll...........!!!!!!!!!!    brengsek....!!!!!!!
Sahabat saya  :  Anjriiiiiiiiiiiiiiiittttttt........!!!!!!!!! Kampreeeeeeettttttt...................!!!!!!!!!!!!!!
(mohon maafkan sahabat saya, dia memang jenis orang yang sangat ekspresif dan maafkan juga cara saya melepaskan emosi ya...namanya juga reaksi spontan hehehehe....)

Well, lirik lagu ini menyiratkan kehampaan dan kesedihan mendalam secara terang-terangan:

Party girls dont get hurt 
Can't feel anything, when will I learn
I push it down, push it down
.......
I'm the one "for a good time call"
Phone's blown' up, ringin' my doorbell
I feel the love, feel the love
.......
I'm gonna swing from the chandelier, from the chandelier
I'm gonna live like tomorrow doesn't exist
Like it doesn't exist
I'm gonna fly like a bird through the night, feel my tears as they dry
I'm gonna swing from the chandelier, from the chandelier....
(kalau mau merasa lebih emosional bisa di check lirik lengkapnya di google ya cuiin)

Dari kejadian ini, saya akhirnya 'kepo' dengan Sia dan semua lagu-lagunya. Wow,,, penyanyi ini saya acungi semua jempol saya (sudah cukup lama saya tidak menemukan penyanyi sejenis Cindy Lauper sampai Sia muncul). Dia sama sekali tidak menampilkan sesuatu yang vulgar di video klipnya (kecuali mungkin lagu Fire Meet Gasoline). Sia punya penampilan yang khas. She always covers her face with black/white wig, because she can't stand for popularity. She even rely on her performance to the dancers while standing on the stage singing with her incredible voice. Jadi jangan pernah berharap Sia akan menunjukkan wajahnya atau menari-nari diatas panggung.
Semua lagu Sia merupakan paket lengkap. Mulai dari lagu beat atau jenis happy-happy, patah hati, jatuh cinta, motivasi, dll.... and I promise you, that all her lyrics are so powerful. Menurut saya suara Sia sungguh luar biasa, dia tidak hanya sekedar menyanyi tapi sekaligus meraung. Yap.... meraung, sampai kita bisa merasakan emosinya yang mendalam. Kamu bisa ketik 'Sia greatest hits- the very best of Sia 2016' di youtube. Ada 23 songlist Sia disana... hampir semuanya merupakan lagu favorit saya.

2. Lana Del Rey



Album pertamanya yang bertitle 'Born To Die' membuat Lana menjadi penyanyi yang dipertimbangkan. Banyak berita yang mengatakan bahwa suara aslinya sebenarnya tidak begitu bagus. Tapi kembali artikel ini dibuat dengan pertimbangan kekuatan lirik lagunya.
Bagi orang awam, mungkin lirik lagu si tante ini agak sulit dipahami. Namun bagi orang yang pola pikirnya filosofis,lirik lagunya gampang dicerna kok. Kata-kata dalam lagunya ada yang bermakna alkitabiah, kadang terasa mistis and so dark. Karna itu sempat ada isu kalau Lana adalah pengikut gereja setan terkait lirik lagunya tersebut.
Salah satu lagunya yang booming dan menjadi soundtrack dari film Leonardo DiCaprio (The Great Gatsby) adalah 'Young and Beautiful'. Well, I have to admit this song kind of 'make you want to stickier with your man''. Lagunya yang menurut saya sangat dark adalah 'Born To Die'.

.....
Lost but now I am Found
I can see but once I was blind
I was so confused as a little child
Tried to take what I could get
Scared that I couldn't find
All the answer honey

Don't make me sad, don't make me cry
Sometimes love is not enough and the road gets tough
I don't know why
Keep making me laugh
Let's go get high
The road is long, we carry on
Try to have fun in the meantime
.......
Choose your last words
This is the last time
Cause you and I
We were born to die
We were born to die
We were born to die
.........

3. Adele


Saya sebenarnya tidak terlalu suka dengan lagu romansa melow yang cengeng. Well, lagu-lagu Adele adalah representatif dari perasaan putus cinta yang berkepanjangan, situasi gagal move on dan memori kisah cinta masa lalu which is feel like will be never ending story. Liriknya lumayan menyayat hati sebenarnya (saya benar-benar merinding disko waktu mendengar lagunya yang berjudul 'Someone Like You' --> rasanya pengen garuk-garuk aspal). But what makes her on the top 3? nothing but because she is so truly in the music industries. Once she ever said:'I don't make music for eyes, I make music for ears'
Meskipun saya tidak suka lagu melow romansa patah hatinya si ibuk yang satu ini, tapi lagu patah hati mana yang lebih baik dari lagunya Adele? Karena itulah dia berada di chart ini.... hehehehehe.... Plus, no sexual and vulgar video! yeaay....!!! I am kind love her song recently called 'Send My Love (To Your New Lover)'

.......
I'm giving you up
I've forgiven it all
You set me free

Send my love to your new lover
Treat her better
We've gotta let go of all of our ghosts
We both know we ain't kids no more
.....
I was too strong, you were trembling
You couldn't handle the hot heat rising
Baby I'm still raising
I was running, you were walking
You couldn't keep up, you were falling down
......

4. Taylor Swift



Harus diakui kalau si mba ini memang talented sekali. Grammy periode lalu, Taylor memborong 9 piala. Wooooow...... itu keren sekali lho.... beside her fenomenal private life, which is become her inspiration for almost her song.... Taylor memang pintar sekali memanfaatkan rasa galaunya dengan menulis lirik lagu yang mengantarkanya pada ketenaran dan kekayaan. Which one is my favourit? Of course 'Wildest Dream'. This song tells the story when you can't handle the hot, sexy guy neither you can't make relationship with him (Aduuuuh....)

.......
He's so tall and handsome as hell
He's so bad but he does it so well
I can see the end as it begins
My one condition is

Say you'll remember me
Standing in the nice dress
Staring at the sunset, babe
Red lips and rosy cheeks
Say you'll see me again
Even if  it's just in your
Wildest dream...
Wildest dream...


5. Meghan Trainor


Adik lelaki saya suka dengan dia, sepupu-sepupu saya juga suka dengan dia. Saya? well... saya suka lagu-lagunya yang riang..... kalau lagunya terdengar di mall atau tempat lain... sepupu saya akan berganti formasi menjadi vocal group dan adik lelaki saya akan menggoyangkan kepalanya... Meghan Trainor merupakan penyanyi yang masih muda tapi mampu memberi warna musik baru saat ini. Usinya baru memasuki 22 tahun.  Lagu yang mengantarkannya pada popularitas adalah 'All about the bass' dan duetnya dengan John Legend 'Like I'm gonna lose you'. Lagunya yang sering dimainkan di stasiun radio baru-baru ini adalah 'No'

I think it's so cute and I think it's so sweet
How you let your friends encourage you to try and talk to me
But let me stop you there, before you speak

My name is NO
My sign is NO
My number is NO
You need to let it go...
You need to let it go...
Need to let it go...
.......
I was in my zone
Before you came along
Now I'm thinking maybe you should go
Blah...blah....blah....
I'll be like 'nah' to the 'no', 'no', 'no'....

Well, mereka-merekalah penyanyi wanita yang menarik perhatian saya, dulu dan baru-baru ini. Terkait kualitas suara dan lagu mereka diatas rata-rata and they deserve for whatever they get today.

No comments:

Post a Comment